Ketambul Metal Syndicate #2: Monster of Metal

Setelah sempat mengalami penundaan, akhirnya edisi kedua dari Ketambul Metal Syndicate jadi dilaksanakan hari ini Minggu, 20 Agustus 2017, bertempat di Desa Ketambul Palang, Tuban, Jawa Timur.

Ketambul Metal Syndicate #2 akan menampilkan 21 band cadas dari Jawa Timur, dengan Gerogot sebagai pemuncak acaranya. Monster of Metal dipilih sebagai tajuk tahun ini.

Band brutal death metal kebanggaan kota Surabaya, Gerogot sedang dalam tur untuk mempromosikan album perdana mereka Cruelty Vomit Hard  bersama frontman baru Krisna. Vokalis asal Boyolali tersebut diperkenalkan di Facebook mereka pada tanggal 27 April yang lalu, tepat setelah pesta peluncuran alabum Cruelty Vomit of Hatred, dilaksanakan pada tanggal 22 April 2017.

Debut Cruelty Vomit of Hatred dirilis secara resmi pada tanggal 1 Desember 2016 melalui label independent Bandung Groupies Merch, dengan hanya founder/guitarist Aditya Prakoso dan drummer Dony Ilmi yang terlibat di dalam penggarapan album tersebut.

Didirikan pada tahun 2011 dengan nama Crematoria, band ini kemudian mengambil nama Gerogot tahun 2013. Formasi teranyar beranggotakan Aditya (guitars), Dony Ilmi (drums), Krisna (vocals) dan Iponk (bass).

 

Kwartet death metal asal Lamongan, Infectsick akan memainkan set list terkenal mereka yang berisikan sebagian dari lagu-lagu Wajah Pemberontak Spesies Pembunuh, Bertahan Hidup, Menyiksa Diri, Kamu Harus Mati dan Pengkhianat Bangsa. Lagu-lagu keren ini yang membuat mereka memiliki sejumlah penggemar setia di Jawa Timur.

Infectsick didirikan di tahun 2008 sebagai Devastation. Band ini sempat mengalami gonta-ganti personil beberapa kali, disebabkan karena para personil yang berdomisili di kota yang berbeda. Lineup teranyar berisikn Farid Ramadhan (bass), Didit Sahadi (guitars), Pur (vocals), dan Vicky Eko Ardhiant (drums).

Band Pasuruan yang memainkan musik groove/death metal Hyperteroid sedang mengadakan tur untuk mendukung debut mini album mematikan mereka yang berjudul Rotten Brain Theory, yang dirilis 30 Juli lalu di even Pasuruan Bising 2017.

Mini album tersebut berisikan 6 track yang menegaskan hasrat dan semangat baja mereka untuk unjuk gigi di skena underground tempatan. Rotten Brain Theory menyertakan juga single J.A.N.C.O.K (Jangan Anggap Neraka Cuma Omong Kosong), yang sudah duluan diperkenalkan bulan April yang lalu.

Hyperteroid didirikan di Malang oleh gitaris Anjar “Aira” Findi Hermawan yang berasal dari Pasuruan, selama berkuliah di kota tersebut. Pada tahun 2016, gitaris tersebut pindah ke Pasuruan dan melanjutkan band tersebut dengan personil baru.

Formasi teranyar terdiri dari Anjar “Aira” Findi Hermawan (guitars), Rahmad Wibowo (drums) dan Aldi John Sasul (vocals).

*****

Andi Slam dari KETAMBUL METAL SYNDICATE dalam perbincangan ringan bersama Musik.or.id baru-baru ini menceritakan komunitas ini didirikan karena tidak adanya komunitas sejenis di desa Ketambul yang mau bergerak menghidupkan skena underground. Dia bersama rekan-rekan mendirikan KMS pada tanggal 1 Januari 2015, dan menghelat even perdananya pada tanggal 30 Agustus 2015, bertempat di SDN Ketambul.

Pada awalnya, Ketambul Metal Syndicate 2 hendak dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus yang lalu dengan mengetengahkan band grindcore asal Jakarta GOADS sebagai headliner. Namun berhubung terjadinya penundaan, GOADS membatalkan keikutsertaannya di even ini.

LINEUP

GEROGOT
BUNGA SURGA
CEREBRAL PARASITE
FLUID COITUS
SCREAMER LIVER
HYPERTEROID
POROS MOLOTOVE
AMPUTASI JANIN
RADICAL CORPSE
BLOOD VOMIT
KROMO INGGIL
SEVERHEAD
SINGITH
DIVERTISS
KUBU ANJINK
MATI SURI
INFECTSICK
LEGIONS OF ANGELS
GAMBANK RIOTS
INNOCENCE
CARBON DIOKSIDA

Tiket dijual dengan harga 20 ribu perak.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: