Reunion Moral Bangsat 4 tampilkan Beside sebagai headliner

Dagan Bawah Tanah dan  Zombok Metal Corpse mengadakan kembali even andalan Reunion Moral Bangsat minggu ini. Jilid ke-empat Reunion Moral Bangsa akan berlangsung pada hari Minggu, 30 Juli 2017 bertempat di GOR Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, tempat yang sama ketika edisi ketiga diadakan.

Seperti edisi sebelumnya, kedua komunitas ini mengundang raksasa metal Indonesia untuk memuncaki acara tahun ini. Kali ini, band melodic death metal asal Bandung Beside akan memuncaki Reunion Moral Bangsat 4 bersama dengan brutal death metaller Kerawang Apoptosis Gutrectomy, death-thrasher Malapetaka asal Malaysia, band death metal Surabaya Daging, serta enam band mematikan lainnya yang berasal dari Lamongan, Surabaya, Gresik dan Mojokerto. Jasad dan Siksakubur pernah menjadi headliner di edisi-edisi sebelumnya.

Read English article about this show here: Lamongan to have BESIDE topping bill Reunion Moral Bangsat 4

Melodic death metaller kesayangan kota Bandung Beside baru saja merayakan ulang tahun ke-20 mereka dengan mengadakan tur ulang tahun yang bertajuk “Beside Two Decades of Aggression” di enam kota dari tanggal 17 hingga 24 Juli.

Sebelumnya mereka juga baru memperoleh “kado ulang tahun” lainnya ketika mereka memenangkan tiket untuk tampil di Wacken Open Air, sebuah festival metal internasional yang diadakan di Jerman, yang direncanakan akan berlangsung dari tanggal 3 hingga 5 Agustus.

Beside didirikan di bulan Mei 1997. Hingga hari ini, mereka sudah merilis dua album studio yang banyak mendapat pujian yaitu Against Ourselves (2008) dan Eleven Heroes (2015). Formasi terakhir terdiri dari Achmad “Beby” Rustandi (drums), Tri Afrizal (bass), Roy Nat Siregar (guitars), Agung Surya (vocals) dan Rizky Raditya (guitars).

Reunion Moral Bangsat sepertinya menjadi ironi bagi kugiran thrash/death metal yang bermarkas di Kuala Lumpur Malapetaka. Alih-alih “reunian”, even ini, sedihnya, malah menjadi satu dari dua konser terakhir Malapetaka bersama pendiri/vokalisnya Boon. Even satunya adalah Sabah Deathfest pada tanggal 5 Agustus. Facebook page mereka menyampaikan pengumuman tersebut pada tanggal 30 Juni yang lalu, dimana Boon disebut sudah memutuskan untuk keluar agar bisa fokus di karir dan kehidupan pribadinya.

Kepergian Boon menyebabkan gitaris Ashok Kumar menjadi satu-satunya personil asli yang tersisa.

Sejak kehadirannya di tahun 2010, band ini sudah merilis EP Anthem of Annihilation (2013) dan studio album Lawless Perdition (2016). Formasi teranyar beranggotakan Ashok Kumar (guitars), Raja Amirus Izham (guitars), Najiy (drums), dan Muhammad Shairulzaim (bass).

Dalam Reunion Moral Bangsat 4, band death metal yang baru berdiri asal Surabaya, Unscarred akan menampilkan lagu-lagu dari EP debut mereka Wasted in the Dark Hollow, yang dirilis oleh Grinder Records pada tanggal 17 Juni yang lalu.

Unscarred didirikan pada tahun 2016 oleh Waluyo (vocals), Ditya Priambodo (guitars/ex-Jagal) dan Sodor (drums).

Apoptosis Gutrectomy akan menggunakan kesempatan bermain di Reunion Moral Bangsat 4 untuk mempromosikan album debut full-length mereka Eugenics of Terrestrial Existence, dirilis oleh Groupies Merch pada tanggal 24 Maret 2017. Sebelumnya band ini juga sudah merilis EP Delusion Interminus Vitae melalui Swallow Vomit Productions di Oktober 2015.

Apoptosis Gutrectomy dibentuk tahun 2010 di Karawang. Formasi paling gres terdiri dari Erik Maulana (bass), Aditya Ramadhan (drums), Deni Daneswara (guitars), dan Julianus Fadhil (vocals).

Black metal unit Gresik Diabolical akan menghitamkan suasana GOR Lamongan dengan lagu-lagu jahat dari debut EP Awaking Inferno (2015) dan lagu-lagu baru dari album 2-way split Unholy Abomination yang dirilis bersama Deathroned asal Surabaya.

Band ini didirikan pada tahun 2005, dan sekarang beranggotakan Chamelord (drums), Lord Warplague (drums) and Lord Weaponized (vocals).

Setelah melepas debut single Rekonstruksi Hitam Maret tahun lalu, artis besutan Brutal Mind Records Daging sibuk bekerja keras mempersiapkan debut full-length album mereka yang dijadwalkan akan dirilis tahun ini. Band ini dibentuk di Surabaya tahun 2013 oleh Ary Febrianto (vocals), Robby Yoehansyah (drums), Ananda Rob (guitars). Awal tahun ini, Daging menyambut Suro sebagai pemain bass baru mereka.

*****

Mohammad Dedy Miftahur Rohman, juru bicara penyelenggara even ini, dalam interviewnya dengan Musik.or.id menjelaskan Reunion Moral Bangsat merupakan even utama dan satu-satunya dari dua komunitas underground di desa Dagan, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan. Kedua komunitas itu adalah Dagan Bawah Tanah dan Zombok Metal Corpse, yang berjuang keras memperkenalkan musik cadas kepada masyarakat di daerah ini dengan mengadakan konser musik ekstrim yang baik.

Jilid pertama Reunion Moral Bangsat dihelat pada tanggal 20 Oktober 2012 di Lapangan Sepakbola Dagan Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, dengan Moses Bandwidth sebagai headlinernya. Diikuti oleh edisi kedua yang diadakan pada tanggal 21 Agustus 2013 di tempat yang sama. Kali ini veteran death metal asal Jakarta SiksakubuR yang memuncaki acara.

Setelah dua tahun berhenti, akhirnya edisi ketiga diadakan di GOR Lamongan tanggal 4 September 2016. Raksasa metal asal Bandung Jasad menjadi pemuncak acara.

Dedy menambahkan mereka menunda mengadakan edisi ketiga hingga 2 tahun lamanya, dan lalu memindahkan venue dari desa mereka di Dagan, ke GOR Lamongan yang berada di kota, karena adanya kericuhan yang terjadi pada penyelenggaraan edisi kedua di tahun 2013, dimana sekelompok orang pembenci musik keras memulai keributan dengan melemparkan batu ke arah penonton. Kerusuhan yang tidak mengenakkan ini menyebakan Pemerintah Desa Dagan melarang diadakan konser berikutnya.

Vokalis slam death metal setempat ini sedang mempersiapkan album demo bersama band yang bernama Nalar , yang direncanakan akan dirilis tahun ini. Band ini juga masuk di daftar penampilan even tersebut.

Nalar beranggotakan Izzi (drums), Fajar (bass), Danu (guitars), Khakim (guitars), dan Dedy (vocals)
.

LINE UP

BESIDE (Bandung, Melodic Metal)
APOPTOSIS GUTRECTOMY ( Karawang, heavy Brutality)
MALAPETAKA (Malaysia, DeathThrash metal)
DAGING (Surabaya, DeathMetal)
FINAL CONFLICT (Lamongan, DeathMetal)
DIABOLICAL (Gresik, BlackMetal)
UNSCARRED (Surabaya, DeathMetal)
NALAR (Lamongan, Slaming DeathMetal)
SHADOW OF CARRION (Mojokerto, GothicMetal)
SYAITON (Lamongan, BlackMetal)

Tiket dijual seharga 35 ribu rupiah perbuahnya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai acara ini, penyelenggara dapat dihubungi di nomor085731666408 (Diez Freedom), 085850796790 (Dedy), dan 085729804598 (Ali Usman).

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: