Sejarah Musik Jazz: Cool Jazz (Periode 1940 – 1950)

lesteryoung2

Musik jazz telah melewati sejarah yang cukup panjang. Berawal dari New Orleans, jazz telah menjelma menjadi sebuah industri musik yang mapan dan memiliki penggemar yang fanatik.

Berikut ini adalah berbagai style dalam jazz yang kami hadirkan untuk anda dari majalah jazz horizon-line.com dengan seizin founder-nya Mr. Yollis Michdon Netti

Cool Jazz

Periode 1940 – 1950

Selama masa Perang Dunia II, terjadi gelombang kedatangan musisi jazz California, yang sebagian besar berkulit putih ke New York. Di New York, para musisi ini berbaur dengan para musisi bebop yang sebagian besar berkulit hitam. Selain itu, mereka juga terpengaruh dengan gaya pemain saxophone Lester Young yang tenang dan santai. Gabungan dari berbagai gaya ini kemudian dikenal sebagai aliran cool jazz yang menghindari tempo agresif, abstraksi bebop.

Cool Jazz memiliki sejumlah nama penting. Gil Evans dan Gerry Mulligan mengembangkan ide mereka saat bekerja untuk Orkestra Michael Tower yaitu dengan menghadirkan alat musik tiup French horn dan tuba yang sebelumnya tak pernah digunakan untuk musik jazz. Nama lain yang patut dicatat adalah pianis Lennie Tristano, pemain saksofon Lee Konitz dan Warne Marsh. Contoh klasik pertemuan berbagai aliran ini adalah pada tahun sesi tahun 1940-1950 yang saat ini dikenal penikmat jazz dengan judul Miles Davis’s Birth of the Cool (1957).

Selanjutnya, cool jazz lebih dikenal sebagai west coast jazz. Kelompok asal California, The Dave Brubeck Quartet merekam album cool jazz populer Time Out pada tahun 1959, yang mampu menduduki peringkat kedua dalam tangga lagu pop Billboard. Aliran cool jazz sangat mempengaruhi perkembangan aliran jazz lainnya misalnya bossanova, modal jazz dan free jazz.

Musisi Cool Jazz:
Chet Baker, Dave Brubeck , AlCohn, Miles Davis, Paul Desmond, Gil Evans, Russ Freeman, Jimmy Giuffre, Chico Hamilton, Percy Heath, Lee Konitz, John Lewis, Shelly Manne, Red Mitchell, Gerry Mulligan, Art Pepper, Bud Shank, Lennie Tristano, Frank Wess, Lester Young, dsb.

Album Cool Jazz:
2 Degrees East, 3 Degrees West (Bill Perkins With John Lewis), Art Pepper + Eleven: Modern Jazz Classics (Art Pepper), Birth of the Cool (Miles Davis), Blowin’ Country (Bud Shank), Django (The Modern Jazz Quartet), Gerry Mulligan Meets Ben Webster (Gerry Mulligan), Grand Encounter (John Lewis), dsb.

(Ervan/Yollis/berbagai sumber)

Source: horizon-line.com

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: