Wawancara dengan KHAFFAH Band

kaffah2

Di sela-sela kesibukan mereka melakukan shooting untuk album vcd mereka, personil KHAFFAH Band ternyata bersedia meluangkan waktu mereka untuk melakukan wawancara dengan Ayie Adler dari acehmusician.org.

Baca Profil KHAFFAH band di LINK INI

KHAFFAH bersama SAWEU Band akan mengeluarkan sebuah split-album yang berjudul  ‘Rindu dan Gaseh Tabina’ berformat VCD pada pertengahan 2014 ini. Berikut wawncara Ayie Adler dengan Hendra, Eric, Ipan dan Jojo dari KHAFFAH yang dilangsungkan di Pak Nek Kupi, 26 Februari yang lalu.

Ayie Adler: Hiii Hendra… Interview sedikit ya mengenai Khaffah? Bisa diceritakan awal mula terbentuknya Khaffah?

Hendra: Oh bisa. Awalnya pada tahun 2007 saya berjumpa dengan Adi (bassist),  ketika itu kami hanya main iseng-iseng aja. Lalu pada 2008 kami berjumpa dengan Eric (gitaris) yang lagi private di sekolah DAWAI 6, dengan pengajar bernama Yudi Amirul. Disana kami mencoba untuk menyatukan beberapa aliran yg berbeda. Waktu itu band ini bernama ‘MY FRIEND’ yang beraliran melayu. Di tahun 2010 My Friend sempat rekaman single pertama bejudul ‘PATAH HATI’. Setahun kemudian Ipan Saputra (vocalis) bergabung bersama My Friend dan kami mencoba menyatukan antara musik melayu dengan etnic aceh sehingga menghasilkan single baru berjudul ‘SISAT LAM DOENYA’. Setelah itu My Friend berubah nama menjadi ‘KHAFFAH BAND’ yang diambil dari Bahasa Arab yang artinya Sempurna. Pada 2013, drummer kami keluar karna tes masuk polisi, mencoba untuk tampil namun harus mencari drummer baru. Akhirnya kami berjumpa dengan sesosok drummer metal di Studio Saung Ule Kareng, dan mengajak untuk bergabung tampil di Aceh Expo. Drummer tersebut bersedia bergabung untuk sementara namun setelah sering latihan dan personil lainnya merasa cocok. Akhirnya Drummer tersebut menjadi personil tetap sampai sekarang.

Ayie Adler: Keren! Selain itu, dengar-dengar Khaffah udah punya album ya?

Erik: Alhamdulillah sudah . Album Khaffah kami garap di Studio Musik ‘LY Record’ di Medan pada bulan November 2013. Tapi dalam album ini kami bekerja sama dengan Saweu Band yang kebetulan mereka juga siap untuk membuat album. Jadi dalam album ini terdapat 10 lagu untuk 2 band. 5 lagu dari Khaffah dan 5 Lagu dari Saweu Band.

kaffah3

Ayie Adler: Sekarang personil Khaffah lagi sibuk apa?

Erik: Sekarang kami sedang mempersiapkan album musik video kami di sekitaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Ayie Adler: Dalam proses pembuatan album musik video kalian dimana aja lokasi yang akan di ambil?

Hendra: Lokasinya di gedung Islamic Center Lampeneurut, Pelabuhan Kr.Raya, Jembatan Lhoknga, Parkiran Stadion H.Dimurthala dan di tempat PKA .

kaffah4

Ayie Adler: Kira-kira berapa persen udah siap proses nya? Dan kalian kapan rilis dan launching untuk album ini?

Hendra: Kurang lebih 50% lh karna shooting video klip ini diambil cuma hari minggu saja, pas semua personil libur kerja. Untuk launching dan rilis mungkin belum bisa kami bilang karna belum pasti kapan siap shooting nya. Tapi Insya ALLAH secepatnya, mudah-mudahan.

Ayie Adler: Kasih bocoran sedikit nama untuk album kalian?

Ipan: Rencananya ‘Rindu dan Gaseh Tabina’

Ayie Adler: Apa pendapat kalian mengenai keberadaan GMA (Gabungan Musisi Aceh)?

JoJo: Menurut kami GMA itu seperti rumah bagi para musisi di Aceh khusus nya Banda Aceh ini. Karena keberadaan GMA sekarang sangat berpengaruh terhadap kemajuan musik-musik di Nanggroe Aceh Darussalam ini. Terlebih kami juga mendapat berupa bantuan alat dari Ketua GMA Pusat Teuku Mahfud. Terima Kasih bantuannya.

kaffah1

 

Ayie Adler: Last question. Apa harapan Khaffah ke depan nya?

Hendra: Harapan kami semoga Khaffah Band dan band-band lain di Aceh ini terus kompak, solid, saling mendukung satu sama lain demi kemajuan musik kita di Aceh ini dan mampu menghasilkan karya-karya yang lebih bernasional maupun internasional.

Ayie Adler: Oke, terima kasih untuk Khaffah yang telah bersedia meluangkan waktunya meski lagi sibuk. Untuk Khaffah, tetap semangat, kompak selalu, dan mudah-mudahan tercapai impian kalian di tahun 2014 ini.

Hendra: Amiinnn. Terima kasih kembali .

(Ayie Adler/ Foto koleksi KHAFFAH Band)

Video: Video Teaser album ‘Rindu dan Gaseh Tabina’ dari KHAFFAH BAND 

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: