Event: Malam Pagelaran Seni dan Budaya Aceh 2013

event seni dan budaya aceh

Sebuah event yang menampilkan kreatifitas seniman Aceh akan diselenggarakan oleh Sanggar Seni Tari Meuligoe Barat pada Jumat malam, tanggal 6 Desember 2013 ini. Acara yang bertempat di Gedung tertutup Taman Budaya ini bertajuk Malam Pagelaran Seni dan Budaya Aceh 2013.

Hampir semua unsur kesenian tradisi akan hadir di pementasan ini. Tak kurang puluhan seniman tari, hikayat (seni tutur), teater, dan musik sudah mempersiapkan beragam karya untuk memeriahkan panggung khanduri seni ini.

Seniman Jamal Abdullah direncanakan akan membawa rombongan Perkusi tradisionalnya yang akan mempertunjukkan kebolehan mereka di dalam permainan rampak Rapai khas Aceh, yang pasti akan sangat menarik seperti yang sudah sering ditampilkan oleh mereka di berbagai even seni di Aceh.

Akan hadir rombongan sanggar tari Saman binaan seorang akademisi dan koreografer tari Aceh ternama, Anton Sabang. Tarian khas Gayo yang dijuluki tarian Seribu Tangan ini terkenal dengan tepuk tangan dan tepuk dadanya, yang disarikan dari berbagai routine tari yang bernama gerak guncang, kirep, lingang, dan surang-saring. Anton Sabang juga akan menampilkan sebuah tarian hasil kreasinya.

Seniman tutur Apa Kaoy dijadwalkan akan berhikayat dan memberi hiem di pentas Jum’at malam nanti. Aktifis seni yang bernama asli MY Bombang ini adalah salah satu diantara segelintir penyair yang masih aktif mengembangkan seni tutur asli Aceh saat ini.

Setelah sekian lama bertapa, Teater Kosong akan kembali menampilkan sebuah garapan drama mereka. Teater yang sudah berusia 20 tahun lebih ini terkenal dengan konsep-konsep segar dan cerdas yang bisa menghibur sekaligus membuat penonton “berpikir”.

Adek Mourny, drummer Aceh terkenal akan membawa grup musik fusion etnik-modern-nya, Adek ‘n Friends. Drummer yang berdomisili di Meulaboh ini terkenal dengan kreatifitas dan showmanship di setiap panggung yang dijajalnya.

Penyelenggara acara, Sanggar Seni Tari Meuligoe Barat tentu tidak mau ketinggalan di dalam pesta seni ini. Sebuah tarian kolosal berjudul Tari Perjuangan Pocut Baren, akan ditampilkan oleh Ardinal Hidayat dan kawan-kawan.

Kelompok musik Morning Glory akan menampilkan sajian musik Etno-Jazz. Berbagai lagu Aceh sudah berhasil dipentaskan secara Jazz oleh band yang dipimpin oleh pianis Afrizal ini.

Sebagai penutup, akan hadir gitaris senior Aceh, Deddy Odezza. Seperti biasa Deddy akan menginterpretasikan nada-nada khas Aceh di dalam permainan gitarnya yang ganas dan sangat cepat. Deddy tidak akan sendirian di panggung. Kali ini dia akan ditemani oleh rekan sejawatnya Aria Baron (gitaris ex-Gigi) dan Andre Franzzy, mantan gitaris Powerslaves yang sekarang bergabung di Mahadewa.

Sungguh sebuah event yang tidak boleh dilewatkan oleh masyarakat Aceh. Tunggu apa lagi? Ayo datang tanggal 6 Desember ini di Taman Budaya! GRATIS!

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: