Hari ini ulang tahun Kopi Rocker 86 diperingati di TRS Surabaya!

*****

Read English article about this show here: Kopi Rocker 86 celebrates its second anniversary

*****

Ketika berbicara mengenai perkembangan musik rock dan metal di Indonesia, akan menjadi tabu kalau tidak menyebut nama Surabaya. Ibukota Provinsi Jawa Timur ini adalah salah satu episentrum musik cadas di Nusantara. Sejarah mencatat nama-nama besar berasal dari kota ini yang ikut mengharu-birukan blantika musik rock nasional. Beberapa diantaranya seperti AKA, SAS, Power Metal, Andromedha, Boomerang, Dewa 19 dan Padi. Dan deretan nama-nama ini akan bertambah besar jika kita menyebut Jawa Timur secara keseluruhan.

Hingga kini, rock dan metal musik terus berkembang di kota Pahlawan ini, dan tidak akan pernah mati! Ada ratusan band keras keren aktif hari ini di Jawa Timur, mungkin malah ribuan yang sedang menunggu kesempatan untuk berkibar.

Hari ini, 9 April 2017, penggemar musik rock Surabaya akan menjadi saksi perayaan ulang tahun sebuah warung kopi sederhana yang akan berlangsung di Taman Remaja Surabaya. Warung ini tentunya bukan sembarang warung. Ketika ratusan musisi metal dan rock merayakan ulang tahunnya, pastinya warung ini mempunyai sesuatu yang bisa membuatnya menjadi magnet yang menarik perhatian para penggemar musik cadas.

Warung itu bernama Kopi Rocker 86, bukan sekedar warung kopi biasa. Ia adalah sebuah rumah. Rumah bagi ratusan penggemar musik cadas di kota Surabaya.

“Kopi Rocker 86 bukanlah sebuah komunitas melainkan wadah sharing tentang musik, musik, dan musik …” kata Marianto alias Yans Mario. Www.Musik.or.id berkesempatan mewawancarai empat punggawa Kopi Rocker 86 Jumat siang, 7 April 2017. Yans Mario didampingi oleh vokalis Black Jack  Dani Triyanto, vokalis Metallion Boni Arnanto, dan bassist band black metal Alam Kubur Qian.

Dia menambahkan ” Tidak ada senior dan junior ditempat ini. Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Itulah Jargon Kopi Rocker 86.”

Kopi Rocker 86 adalah sebuah warung kopi kecil di Jalan Kranggan nomor 86, di depan SMK 4 Surabaya. Sebelumnya dikenal sebagai Warung Jaya Accept, seperti nama pemiliknya. didirikan di tahun 2002. Jaya Accept adalah seorang penggemar musik metal tahun 80-an. Musik rock diputar kencang-kencang di sana, dan diskusi mengenai musik berlangsung setiap harinya. Keberadaannya menarik perhatian penggemar musik rock dan metal untuk mampir.

Pada tanggal 10 April 2015, di sebuah grup Facebook, para pelanggan mendeklarasikan nama baru untuk warung kopi itu, menjadi Kopi Rocker 86. Nama tersebut diusulkan oleh Mariyanto. 10 April kemudian diperingati sebagai hari kelahirannya.

Ulang tahun pertama Kopi Rocker 86 diperingati oleh para pelanggannya dengan mengadakan sebuah konser ulang tahun yang diadakan pada tanggal 3 April 2016 di gedung GNI Bubutan, menampilkan musisi-musisi yang merupakan pelanggannya.

Peringatan ulang tahun kali ini akan diadakan pada hari Minggu, 9 April 2017 ddi Taman Remaja Surabaya, Jl. Kusuma Bangsa 112 – 114 (di samping THR), Surabaya. Konser tersebut akan menampilkan dua belas band rock dan metal mapan di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Mantan vokalis Boomerang Roy Jeconiah akan memuncaki acara bersama Laskar Metal.

Qian mengatakan Roy Jeconiah, pahlawan rock Surabayan, sangat dekat dengan pelanggan Kopi Rocker 86. Yans Mario juga menambahkan ketika Roy di Surabaya, dia pasti akan berusaha untuk mampir ke situ.

Kopi Rocker 86 juga sudah merilis sebuah CD kompilasi pada 18 February yang lalu. Album tersebut berisikan lagu-lagu dari tiga belas band. Peluncuran album tersebut dilakukan di Hall Ijen Cafe, Jalan Arief Rahman Hakim 126, Surabaya menampilkan 26 band. Volume kedua dari CD kompilasi ini akan diluncurkan di akhir 2017.

Pada bulan Ramadhan tahun lalu, Kopi Rocker 86 menghelat buka puasa bersama yang diikuti sekitar 500 orang rocker dan metalhead Surabaya.

 

KOPI ROCKER 86 2nd ANNIVERSARY LINE UP

STRAIM
METALLION
ALAM KUBUR
WARHEAD
TILAR NDUNYO
WHITE ANGEL
UNYIL
NO REMORSE
BLACK JACK
QUARTER MASTER
BLACK CROW POK
LASKAR METAL
ROY JECONIAH

MC top Angga McJazon akan memandu acara yang akan berlangsung dari pukul 14:30 waktu Surabaya.

Tiket dijual seharaga 20 ribu perak, bisa didapatkan di lokasi acara.Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi  Mardiyanto di 0822-4449-1844.

Selamat ulang tahun kedua Kopi Rocker 86. May God bless you all.

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: