Southern Gate Darkness Day: hentakan baru bawah tanah Bandung Selatan

Sebuah aliansi bawah tanah baru bernama Southern Gate Darkness ditabalkan di Bandung Selatan, Jawa Barat oleh sekolompok metaller veteran untuk menjawab tantangan menurunnya aktifitas pergerakan bawah tanah di daerah tersebut, yang sebelumnya dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Sesuatu yang sebelumnya memang sangat dibanggakan.

Southern Gate Darkness didirikan di bulan April 2017 oleh Gugum SS dan Dani Badar dari Cadas Underground; bersama Abu Pertala, Zab Dark Barzah, Ugun Avortez, Otoy Ziarah dan Bule Barzah. Pria-pria berbahaya ini memiliki pandangan yang sama dalam membangunkan kembali skena underground di daerah tesebut yang tertidur dengan menciptakan gig-gig dan melakukan apa pun yang bisa membuatnya bergairah kembali. Serangkaian sharing pengalaman mengenai sound engineering hingga industri musik akan diadakan dalam waktu dekat.

Sebagai langkah awal, aliansi ini menjadawalkan sebuah gig yang akan dihelat pada hari Minggu, 20 Agustus 2017. Gig yang bertajuk Southern Gate Darkness Day: Invation in the Battle mengambil tempat di Beerspot, Jalan Supratman 57 – 59 Bandung.

Delapan belas band metal yang didominasi oleh aliran black metal dari Jawa Barat dan Tengah akan ditampilkan di acara tersebut.

Read English article about this event here: Southern Gate Darkness Day: the day when the Hell’s gate is opened

Salah satu band yang namanya paling berkibar di even ini adalah legiun black metal Warkvlt. Band ini didirikan pada tanggal 21 Jui 2013 dari serpihan-serpihan band black metal Impish, akibat tidak adanya kehadiran personil pendiri Impish di formasi yang terakhir. Babad mengenai Warkvlt bisa dilacak hingga ke tahun 2010, ketika Ryan Blastphemy mendirikan kembali Impish dengan lineup yang beranggotakan Ryan Blastphemy (drums), Sigit Abaddon (vocals), Abah Desecrator (guitars) dan Sabach Blashyrkh (guitars). Ryan sempat menjadi live drummer di Impish sebelum band tersebut menghilang di tahun 2000.

Impish versi Ryan merilis EP The Wrath Of Fire (2011), EP The Myst (2011), dan Warkvlt (2013). Di tahun 2013 mereka memutuskan untuk menanggalkan nama Impish dan memulai band baru yang diberi nama Warkvlt. Hingga hari ini, Warkvlt sudah merilis album eponymous (2013), EP Maju, Serbu, Serang, Hancurkan !!! (2014), full-length Merdeka (2015), dan sebuah live album berjudul Serangan Umum 8 Maret (Live in Hammersonic 2015). 

Baru-baru ini, Facebook Warkvlt mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan band tersebut sedang mengerjakan proyek album mereka yang paling anyar.

Formasi terakhir Warkvlt beranggotakan Ryan Blastphemy (drums), Sigit Abaddon (vocals), Abah Desecrator (guitars), Battlestorm (guitars), dan Blackstorm (guitars).

**

Gugum, rais dari Cadas Underground, dalam wawancaranya baru-baru ini dengan Musik.or.id mengatakan mereka memillih “gate” sebagai nama aliansi ini sebagai simbol gerbang kebangkitan bawah tanah Bandung Selatan sudah dibuka.

Southern Gate Darkness akan menyumbang sebahagian dari keuntungan konser ini untuk rakyat Palestina.

 

LINEUP

WARKVLT  
MAELSTROM
GEUTRAK  
RUMAH SAKIT JIWA
BLACK PROTECTOR  
ASHTAROTHUM
BADRANAYA  
AVORTES
SIDROTUL MUNTAHA (Majalengka)  
LIBRIS (Tegal)
CORPSE COFFINE  
BANGKAR WARAH
ZIARAH  
BARZAH
VOMITTOSPY
BLOODY TRASH
DARK BARZAH  
CHILDREN OF HEAVEN

 

Tiket bisa didapatkan dengan harga 15 ribu perak.

Even ini didukung oleh Darkness Production, Fossil Production, Abyssia Organizer, Wizard Production, Terror Mask, and Army Of Blackprotector.

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: